Breaking

logo

Saturday, April 28, 2018

Departemen Tarbiyatul Mar’ah LEDMA Al-Farabi Adakan Fiqih Nisa' yang Kedua Kalinya

Departemen Tarbiyatul Mar’ah LEDMA Al-Farabi Adakan Fiqih Nisa' yang Kedua Kalinya

LEDMA Al-Farabi - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Segala puji bagi Allah SWT, karena berkat rahmat serta hidayahNya, kita masih bisa berkumpul dan dipertumukan dalam halaqah ukhwuah islamiah yang InsyaAllah bermanfaat dan barakah. Naungan ketua3 yaitu Departemen Tarbiyatul Mar’ah pada hari jum’at pukul 10.30 WIB, bertempatan di AFIC (Al-Farabi Islamic Center) LT.1 adakan sebuah diskusi Muslimah (Fiqih Nisa’). 

Departemen Tarbiyatul Mar’ah LEDMA Al-Farabi Adakan Fiqih Nisa' yang Kedua Kalinya
Fiqih Nisa' #2

Kegiatan ini bertujuan untuk sharing antar sesama muslimah tentang sejauh mana pengetahuannya tentang materi yang diangkat yakni tentang Wadhi, Madhi, dan Mani. Selain itu sebagai tambahan ilmu pengetahuan seorang muslimah, mengingat sekarang ini masih ada beberapa yang belum paham betul fiqihnya seorang muslimah. 

Adapun susunan acara dalam kegiatan ini adalah Doa pembuka, Pembacaan tilawtil Qur’an dan sari tilawah, Penyampaian materi yang disampaikan oleh Ibu NurFaizah, M.Pd. Kemudian dilanjuti dengan sesi tanya jawab (diskusi), dan Penutup (Istighfar 3x danDoa kafaratul majelis).

Pembahasan dalam diskusi meliputi tata cara mensucikan, cara membedakanWadhi, Madhi dan Mani dari tekstur, warna, dan keluarnya diakibatkan kerena beberapa hal. Namun, dalam hal ini yang mengalami 3 hal diatas tidak hanya perempuan saja, laki-laki pun juga mengalaminya.

Departemen Tarbiyatul Mar’ah LEDMA Al-Farabi Adakan Fiqih Nisa' yang Kedua Kalinya
Fiqih Nisa' #2

Setelah penyampaian materi, selanjutnya masuk pada kegiatan diskusi dengan  dibuka dengan 2 sesi pertanyaan. Sehingga membuat muslimah yang tadinya belum puas dengan materi tersebut mendapat tambahan ilmu lagi dari jawaban pertanyaan yang diberikan kepada pemateri. Mengingat waktu yang terbatas, maka kegiatan tersebut ditutup denganistighfar 3x dan doa kofaratul majelis. Semua jamaah yang mengikuti terlihat sudah puas namun apabila ada yang perlu dipertanyakan lagi bisa bertanya via WhatsApp.

Seperti biasa, kegiatan ini diakhiri dengan acara makan snack bersama yang sudah disediakan oleh anggota kemuslimahan. Diujung acara, pengurus LEDMA Al-Farabi berharap semoga dengan adanya kegiatan kemuslimahan Fiqih Nisa’ ini sebagai awal bekal kita mencari Ridho Allah SWT dan juga tetap semangat dalam menjalankan serta menanamkan bekal akherat dalam sesuai dengan fitrah seorang permpuan. Serta tidak lupa, semoga kedepannya bukan hanya muslimah Al-farabi yang ikut serta dalam kegiatan kemuslimahan, namun juga para muslimah Univ. Kanjuruhan Malang, untuk saling merangkul, mengarahkan agar terus istiqomah dan senantiasa menggunakan waktunya untuk mencari ilmu dunia dan akherat. 

“فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ Yuk”

(Berlomba-lomba dalam Kebaikan)

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Syukron


Admin, LEDMA Al-Farabi

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan