Breaking

logo

Friday, May 4, 2018

Kreasi Masakan "PANCAKES" Oleh Al-Farabi Kitchen

Kreasi Masakan "PANCAKES" Oleh Al-Farabi Kitchen

LEDMA Al-Farabi - Assalamualiakum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulilahi rabilalamin, segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya sehingga kita bisa menikmati indahnya kehidupan ini. Tiada kata  yang patut diucapkan selain bersyukur. Sekitar pukul 10.00 WIB pada hari Jumat, 4 Mei 2018 departemen muslimah kreatif dari naungan ketua 3 berhasil membuat inovasi dari bahan sederhana yaitu “PANCAKES”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan muslimah dalam hal memasak dan sebagai wadah untuk lebih terampil. 

Kreasi Masakan "PANCAKES" Oleh Al-Farabi Kitchen
Al-Farabin Kitchen

Kegiatan ini sangat menyenangkan karena selain bisa berkreasi memasak juga ada banyak hal positif lain yang diambil diantaranya mendapatkan teman baru, sharing dan tukar pengalaman tentang masakan yang bisa di kreasikan untuk kegiatan AF Kitchen selanjutnya. Semua jamaah Al-Farabi antusias mengikuti kegiatan memasak ini sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai target. Cara membuat pancakes sangatmudah dan tidak memerlukan modal yang terlalu mahal. Hal ini bisa disesuaikan dengan banyaknya makanan yang di buat yakni kisaran Rp.50. 000 untuk dimakan kurang lebih 30 orang.

Resep pancakes sederhana

Bahan :
1. tepungterigu 250 gram
2. telur 2 butir
3. margarin 4 sendokteh, cairkan
4. gulaputih 4 sendokmakan
5. susucair 1 gelas
6. air bersih 1 gelas
7. baking powder 1/2 sendokteh

Topping/ taburan :
1. Selai nanas
2. Susukentalmanis

Cara membuat pancakes

1. Tahap awal campurkan bahan berikut dalam satu wadah : terigu, gula putih, telur, susu cair, baking powder juga margarin yang telah cair. Aduk-aduk agar sampai merata dengan sempurna.
2. Proses selanjutnya, masukan air pada adonan sembari diaduk sampai adonan jadi encer juga tidak terbentuk gumpalan-gumpalan kecil
3. Tahap selanjutnya, tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur kedalam wajan dadar yang sudah dipanaskan, buat adonan berbentuk bulat agak tipis
4. Jika pada bagian atas telah terbentuk gelembung kecil, artinya ini sudah matang jadi silahkan angkat lakukan tahap ini hingga adonan tanpa sisa
5. baluri permukaan pancakes dengan susu kental, lalu taburkan messes juga keju diatasnya. jika sudah, beri susu kental lagi. silahkan tutup dengan pancake lain.

Kreasi Masakan "PANCAKES" Oleh Al-Farabi Kitchen
Al-Farabi Kitchen

Al-Farabi kichen ini berjalan dengan lancar serta menghasilkan output yang insyaAllah barokah. Mengingat pada malah harinya ba’da magrib ada proker mentoring, maka hasil masakan (pancakes) tersebut untuk di sajikan sebagai konsumsinya. Komentar dari ikhwan dan akhwat rasanya enak dan kreatif, namun ada pula masukan untuk masakan kedepannya dan bentuk penyajian pancakes itu sendiri supaya bernilai jual.

Para muslimah yang shalihah sekiranya kita bukan hanya pandai dalam bidang agama dan pengetahuan saja. namun, harus berbekal ilmu memasak sebagai sarana untuk mempersiapkan diri menjadi seorang ummah dalam keluarga. Sekian terkait cara pembuatan pancakes dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca serta mendapat ilmunya, Aamiin.(Muslimah)

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Syukron


Admin, LEDMA Al-Farabi

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan