Breaking

logo

Tuesday, July 1, 2014

Unikama Juara MTrQ Mahasiswa se-Jawa Timur

Unikama Juara MTrQ Mahasiswa se-Jawa Timur



Hamidan Lillah Tabaroka Wata'ala Wamusholliyan 'ala Rosulillah SAW. Pada tanggal 29-31 Mei 2014, kafilah Unikama mendelegasikan dutanya dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Regional Jawa Timur tahun ini yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang - Lustrum ke 68. Berlangsung dengan penuh khidmat acara opening ceremony di Gedung Graha Cakra UM. Juri yang profesional telah dipersiapkan oleh panitia untuk menjunjung tinggi nilai fair play dalam Musabaqah Qur’an Regional Jawa Timur. Kafilah Unikama yang ikut dalam tujuh Musabaqah yakni: Qiro'ah, Tartil, Hifdzil, Syarhil, Fahmil, Karya Tulis Ilmiah, dan Debat B. Inggris. Delegasi ini dengan beberapa gabungan dari ORMAWA (Organisasi Mahasiswa) pilihan yang telah membidangi bakat dan minat untuk ikut serta dalam MTQ tahun ini diantaranya: LEDMA Al-Farabi (Bidang Kerohanian Islam), UKM Penalaran (Bidang Karya Tulis Ilmiah) dan EDSA (Bidang Debat B. Inggris) semua terjalin erat dalam satu tim yang solid terdiri dari 16 Peserta dan 4 Official.

Delegasi Duta Universitas Kanjuruhan Malang pada MTQ Mahasiswa Regional Jawa Timur 2014 diantaranya :
Makhrus & Eka Ayu Novita Sari Bidang Qiro’ah
Abd. Rosyid Dahri & Yuliana Bidang Tartil Qur’an
Achmad Cholirul Rohman, Mistiya Lestari & Cristin Agustina Miharjo Syarhil Qur’an
Yusuf Hasyim & Maria Ulva Bidang Hifdzil Qur’an
Nurul Wathoni, Lailatus Sa’ada & Noor Hasan Bidang Fahmil Qur’an
Achmad Faizul Musyaffa' dan Endang Pramudianti Bidang Karya Tulis Al-Qur’an
Rochmat Ulum & Jakfar Sodiq Bidang Debat B.Inggris

Official Kafilah Unikama diantaranya ialah:
Ust. Ardiyanto, S.Pd (Pembina Qur’an Unikama)
Agus Candra Kurniawan, S.Kom (Ketua Kafilah Unikama)
Nurul Riski Agustin (Official Putri)
Moh. Firmansyah (Official Putra)

Alhamdulillah dukungan materi dan moril yang diberikan kampus dapat kami jadikan spirit, sikap juang dan kerja keras dalam setiap musabaqah yang di ikuti. Musabaqah Mahasiswa Regional Jawa Timur ini terdiri dari babak penyisihan dan final, kecuali pada bidang syarhil yang langsung ditentukan juaranya karena cara penilainnya berbeda dengan cabang musabaqah yang lain. Untuk syarhil memang langsung memperebutkan juara I, II, III, Harapan I, Harapan II, dan Harapan III. Sedangkan untuk cabang musabaqah lain peserta masih diberi kesempatan untuk tampil ke babak selanjutnya.

Musabaqah demi musabaqah kami jalani sesuai dengan nomor undian urutan tampil dan makraq/ayat, seluruh peserta dari kafilah Unikama tampil sesuai dengan tugas dan amanahnya masing-masing.  Dari ketujuh Musabaqah yang kami ikuti memang ada cabang musabaqah yang berpotensi masuk final. Dari awal ketua kafilah Unikama mengingatkan pentingnya positif thingking, bermain lepas tanpa beban, dan selalu menaruh prasangka baik kepada Allah. Apa yang kita sangka ya itulah dugaan kita kepada Allah.
Seluruh peserta kafilah Unikama telah usai tampil pada sesi penyisihan, perasaan dan dugaan lolos untuk maju ke babak berikutnya pasti dirasakan dari masing-masing. Tugas telah dilaksanakan dengan sebaik baiknya dan semaksimal mungkin, tinggal menunggu nanti sore untuk pengumuman menuju perebutan juara dan juara harapan. Al hasil, kami lihat pengumuman lolos untuk ke babak selanjutnya tidak ada satupun, menurut ketua kafilah Unikama sebenarnya tadi ketika melihat hasil di cabang musabaqah Karya Tulis Ilmiah, kita selisih sedikit point dari kampus lain, kita urutan 11. Tinggal satu tangga lagi kita masih ada kesempatan untuk perebutan juara dan juara harapan. Tapi menurut beliau dari seluruh cabang musabaqah yang diikuti, teman-teman sudah ikhtiar dengan ikhtiar sebaik baiknya dan memberikan penampilan terbaik dalam setiap musabaqah.

Dibalik itu semua Alhamdulillah Bi Idznillah, dengan izin Allah sebelum kami meninggalkan kampus yang dijuluki UM itu. Ada salah satu panitia cabang tartil yang menelpon kami, bahwa kafilah Unikama berkesempatan untuk melaju ke babak selanjutnya yakni merebutkan Juara dan Juara Harapan. Abd. Rosyid Dahri yang dipilih untuk mewakili dalam cabang Musabaqah Tartil Qur’an Putra (MTrQ) dapat menunjukkan suara emasnya di babak penentuan ini, makhroj, tajwid, lagu dan irama baca Al-Qur’an yang menyerupai seperti Abu Usamah, memang beliau memakai lagu ciri khasnya. Abu Usamah seorang yang ahli Qur’an asal timur tengah. Liputan Video bisa dilihat di Youtube 

Allah sesuai dengan prasangka hambaNya, Alhamdulillah ‘ala kully khaal. Pada hari terakhir, hari Sabtu 31 Mei 2014 / 29 Rajab 1435 Hijriyah dimana kami mengikuti Closing Ceremony MTQ Mahasiswa Regional Jawa Timur. Tidak sabar rasanya menunggu tinggal satu harapan dari MTrQ yang diwakili oleh Rosyid. Setelah dibacakan siapa pemenang juara dari berbagai macam musabaqah, giliran panitia mengumumkan cabang Musabaqah Tartil Qur’an Putra. Alhamdulillah bi Nikmatillah Abd. Rosyid Dahri dari Univ. Kanjuruhan Malang menduduki Juara III MTrQ Mahasiwa Regional Jawa Timur lagi-lagi selisih sedikit dari peringkat II yang sudah pernah juara harapan MTQ Nasional.

Akhir bulan Rajab 1435 Hijriyah menjadi saksi atas prestasi yang kami raih. Alhamdulillah semuanya karena Allah, semuanya dari Allah, karena usaha dan kerja keras teman-teman semua. Rosyid memang punya potensi dibidang Qur’an terlebih dia sering membina adik-adik tingkatnya di organisasi kerohanian di kampus (tambah ketua kafilah)

Abd. Rosyid Dahri dari Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen Semester VI yang juga menjabat sebagai Ketua I LEDMA Al-Farabi selama 2 periode. Ini merupakan suatu prestasi yang dapat disyukuri keberadaannya. Raihan prestasi gemilang dipenghujung dia belajar di Unikama sekaligus sebagai kado kepada Organisasi yang dia sayangi.  Ini yang dapat kami berikan kepada kampus Unikama tercinta, kisah perjalanan dan perjuangan kami begitu panjang agar bisa mengharumkan nama kampus Unikama di Level Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah banyak membantu kafilah Unikama, Semoga Allah senantiasa membalas dengan sebaik-baiknya balasan. Amiin Ya Robbal Alamin. Selamat Atas prestasi yang diraih. Semoga Allah menjadikan kita Insan yang terus melanjutkan estafet qur’ani.

Beberapa Bulan kemudian, Unikama menerima sertifikat dari Panitia MTQM Jawa Timur Univ. Negeri Malang bahwa Universitas Kanjuruhan Malang meraih peringkat 16 dari 42 Perguruan Tinggi yang berada di Jawa Timur dalam Musabaqah Tilawail Qur’an Tingkat Mahasiswa Regional Jawa Timur. Barokallahufikum. (al-Himmah)
 

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan