Breaking

logo

Tuesday, January 15, 2013

Imam Bukhori - Si Yatim Penggores Sejarah

Imam Bukhori - Si Yatim Penggores Sejarah


 Imam Bukhori sangat terkenal dengan kekuatan hafalannya, ketelitiannya meriwayatkan Hadits, dan kesabarannya mengumpulkan Hadits.

Imam Bukhori lahir pada hari jum'ah, 4 syawal 194 H/ 809 M di kota Bukhara ( sekarang menjadi salah satu ibu kota di negara Uzbekistan ). Ia lahir dilingkungan keluarga terhormat yang taat beragama dan kaya raya. Ayahnya adalah seorang Ulama dan seorang ahli Hadits.

Bukhori masih sangat belia ketika ayahnya meninggal dunia. Sang ayah sama sekali tidak berkesempatan mengasuh anaknya yang masih kecil. Namun peran sang ibu sebagai orang tua tunggal sangat berpengaruh dalam mendidik Bukhari tumbuh menjadi seorang ulama.

Salah satu karya besar beliau adalah Sahih Bukhori. Kitab ini merupakan kitab termasyhur Imam Bukhori dibandingkan kitabnya yang lain.

Bukhori membutuhkan waktu selama 16 tahun untuk mengumpulkan, menulis, mengurutkan, dan mengelompokan bab-banya. Kitab ini memuat 600 ribu Hadits pilihan yang diriwayatkan oleh para prawi Shahih.

Bukhoti tinggal di Bukhara sehingga banyak orang yang berbondong-bondong dan loyal kepadanya sehingga penguasa Bukhara mengasingkannya di khartak, salah satu desa di samarkand. Di sanalah ia meninggal dunia pada malam Idul Fitri tahun 256 H/ 869 M.

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan