Breaking

logo

Tuesday, January 5, 2016

Tanda Akhir Zaman: Cina Kembangkan Mobil dengan Kemudi Pikiran

Tanda Akhir Zaman: Cina Kembangkan Mobil dengan Kemudi Pikiran

China kembangkan mobil yang bisa dikontrol lewat pikiran (Reuters)
Cina tengah mengembangkan mobil yang bisa dikontrol lewat pikiran. Hal tersebut dimungkinkan oleh tim peneliti dari Nankai University

China kembangkan mobil yang bisa dikontrol lewat pikiran (Reuters)

Cina tengah mengembangkan mobil yang bisa dikontrol lewat pikiran. Hal tersebut dimungkinkan oleh tim peneliti dari Nankai University, Tianjin, Cina.

Dilansir KompasTekno, Kamis (10/12/2015) dari Reuters, peneliti menyematkan alat pendeteksi signal otak pada pengendara mobil.

Menurut salah satu peneliti Zhang Zhao, alat itu tersusun atas 16 sensor. Masing-masing bakal menangkap signal-signal electroencephalogram (EEG) dari otak pengemudi

Signal kemudian diterjemahkan untuk memerintah mobil lewat sistem kontrol. Sehingga tiap gerakan mobil -maju, mundur, belok, dan berhenti-, akan selalu mengikuti arahan otak.

"Intinya adalah memproses semua signal EEG yang dideteksi, semuanya dilakukan lewat komputer dengan memanfaatkan jaringan wireless," kata Zhang.

Menurut para peneliti, ide pengontrolan mobil lewat pikiran ditujukan untuk memudahkan manusia dalam mengendarai mobil. Selain itu, ide ini juga ditujukan bagi para difabel.

"Kami menyediakan metode mengendarai tanpa tangan dan kaki sehingga bisa membantu para difabel yang tak bisa bebas bergerak," ia menjelaskan.

Hal ini berkaitan dengan kehadiran teknologi abad 21 yang pernah dibicarakan oleh Rasulullah, yang mana kemajuan teknologi juga menjadi tanda-tanda akhir zaman.
Teknologi Transportasi:

Di sepanjang sejarah sudah ada suatu hubungan langsung antara kekayaan dan kekuatan rakyatnya dengan teknologi transportasinya. Masyarakat-masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengadakan sistem transportasi yang efektif dapat meningkatkan taraf kemajuan mereka.
Berbicara tentang karakteristik-karakteristik Akhir Zaman, Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai perkembangan transportasi:

Hari Akhir tidak akan tiba hingga ... waktu berjalan dengan cepatnya. (HR. Bukhari)
Jarak-jarak yang sangat jauh akan dilintasi dengan waktu singkat. (H.r. Ahmad, Musnad)

Pesan dari hadits di atas cukup jelas. Pada Akhir Zaman, jarak-jarak yang sangat jauh akan ditempuh dalam waktu yang singkat oleh kendaraan-kendaraan baru. Pada zaman kita, pesawat terbang supersonik, kereta api dan kendaraan-kendaraan canggih lainnya dapat, dalam sekian jam saja, melintasi jarak yang dulunya ditempuh selama berbulan-bulan, dan melakukannya dengan lebih mudah, nyaman, dan aman. Dalam hal ini, isyarat yang diriwayatkan dalam hadis tadi telah menjadi kenyataan.

Pada abad ke-20 dan 21, teknologi benar-benar telah sampai pada tingkat yang canggih. Khususnya di bidang teknologi transportasi, arsitektur, dan bidang-bidang permesinan, perkembangan-perkembangan yang menakjubkan telah tercapai.

Al-Qur’an menyebutkan kendaraan-kendaraan yang dihasilkan oleh kemajuan teknologi modern:
Dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya. (Q.s. an-Nahl: 8).

Di sini, kita dapat memikirkan dengan mendalam makna ungkapan “waktu akan berjalan dengan cepat” dalam hadis pertama, dari sudut pandang apa yang telah kami ceritakan. Jelaslah, sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW pada waktu Akhir Zaman, tugas-tugas akan dirampungkan dalam waktu yang jauh lebih singkat dibandingkan dengan kurun-kurun waktu lainnya. Sungguh, kemajuan-kemajuan dalam sains telah memungkinkan adanya peluang bagi hampir semua hal untuk diselesaikan dalam waktu yang jauh lebih singkat dan dengan hasil yang jauh lebih baik. Sebuah hadis serupa menguatkan pandangan ini:

Saat Akhir tidak akan tiba sebelum waktu menyusut, setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan sehari, sehari bagaikan sejam, dan sejam bagaikan nyala lilin.
(HR. Tirmizi)

Misalnya, berabad-abad yang lalu, komunikasi internasional, yang lamanya sampai berminggu-minggu, kini dapat ditempuh dalam hitungan detik saja dengan menggunakan Internet dan teknologi komunikasi modern lainnya. Pada masa lalu, barang-barang yang dulunya sampai ke tujuan setelah menempuh perjalanan selama berbulan-bulan dalam kafilahkafilah, kini dapat dikirim dengan cepat. 
Kita dengan mudah dapat memberikan sekian banyak contoh seperti itu. Akan tetapi, yang harus kita pikirkan dengan mendalam di sini adalah tanda-tanda yang diberitahukan oleh Nabi Muhammad SAW pada abad ke-7 dulu yang kini sedang menjadi kenyataan.

Tanda lainnya lagi dari Akhir Zaman yang diberitahukan dalam hadits-hadits adalah tersebar luasnya perdagangan (Diriwayatkan oleh Ibnu Masud raddiallahu'anhum.)

Karenanya hendaknya kita selalu mengingat Allah, dan berdo’a semoga kita bukan termasuk golongan orang-orang di akhir zaman. Wallahu ‘alam bishowab.

(Sumber: Berbagai sumber)

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan