Breaking

logo

Monday, October 21, 2013

Safari Dakwah Idul Qurban Sebagai Motivasi Bermasyarakat

Safari Dakwah Idul Qurban Sebagai Motivasi Bermasyarakat

Safari Dakwah Idul Qurban
AL-HIMMAH: Ada yang berbeda di desa majangtengah kecamatan dampit kabupaten malang ini dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1434 H atau yg lebih dikenal dengan Idul Qurban. Hari raya Idul Qurban tahun ini jatuh pada tanggal 15 oktober 2013. Tidak seperti biasanya suasana di Desa Majangtengah tepatnya di MI. Miftahul Ulum berubah menjadi meriah yang penuh kekeluargaan. Suasana itu tidak lain karena salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) yaitu Lembaga Dakwah Mahasiswa (LEDMA) Al-Farabi mengadakan kegiatan Safari Dakwah Idul Qurban yang bertempat di Dusun Lambangsari Desa Majangtengah Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 13 hingga 15 oktober 2013 dengan serangkaian kegiatan (lomba adzan, hafalan surat-surat pendek, hafaran doa sehari-hari dan hafalan surat al-waqi’ah), takbir keliling dan pengajian umum. Dalam kegiatan tersebut diikuti seluruh siswa/i Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Raudlatul Athfal (RA) Miftahul Umum.
Di hari pertama senin/14 Oktober 2013 sebelum perlombaan dimulai sebagaimana MI. Miftahul Ulum mengadakan upacara bendera. Upacara tidak seperti biasanya, dimana para petugas upacara adalah panitia Safari Dakwah Idul Qurban. mereka (petugas.red) mau tidak mau harus siap sebagiamana “agen of change” yang selalu siap kapan saja. Alhasil mereka cukup tampil maksimal meskipun ini pengalaman kali pertama selama menjadi mahasiswa. Dengan tanggungjawab dan amanah yang dijalankan. Upacara pun berjalan dengan khidmat, warga sekitar pun berbondong bondong untuk sekedar melihat dan menyaksikan almamater orange (sebutan kampus Unikama) unjuk kebolehan. Alhamdulilah, kesan mereka mampu memberikan yang terbaik untuk siswa/i dan masyarakat sekitar sekalipun ini pengalaman pertamanya “ungkap M. Munir sebagai ketua Panitia.
Upacara berlangsung hingga 07.30 WIB. Setelah upacara mereka disambut dengan senyum dan salam hangat dari para dewan guru dan seluruh siswa/i. Hal ini terlihat antusiasme siswa/i untuk berjabat tangan (bersalaman) dengan para panitia. Tak terelakkan, suasana pun menjadi penuh dengan keakraban seperti mereka sudah lama saling mengenal. Selepas berjabat tangan, sebelum perlombaan masing-masing kelas dimulai, mereka langsung menuju ruang kelas untuk mengikuti acara penyambutan oleh segenap pengurus yayasan. Penyambutan pun dimulai pukul 08.30 WIB yang di hadiri oleh Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Ketua Umum LEDMA Al-Farabi, dan Ketua Ikatan Alumni LEDMA Al-Farabi (IKAFA). Tak terelakkan kembali suasana keakraban terulang lagi, senyum, tertawa kecil pun terjadi dalam acara penyambutan itu.
Inilah salah satu bentuk silaturahim yang penuh canda tawa dan riang gembira. Semua berawal dari mimpi untuk mencapai sesuatu yang diinginkan tak terpungkiri untuk melaksanakan kegiatan ini merupakan hasil ijtihad para pengurus, IKAFA dan anggota. Mengingat kegiatan ini sudah lama tak terdengung gaungnya seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami ingin mengulang kejayaan kembali seperti dulu untuk mensyiarkan agama Allah SWT sekaligus merupakan proses belajar bermasyarakat “ungkap Alvin S dalam sambutannya (Ketua Umum LEDMA Al-Farabi).
Masih dalam sambutan Ketua Umum berharap “Apabila dalam kegiatan ini, sikap dan perilaku kami kurang berkenan, mohon kami langsung ditegur karena kami masih dalam proses belajar dan belajar untuk bermasyarakat”. Disisi lain dalam sambutan Ketua Yayasan, Bapak Abdul Mu’in Bahar mengatakan bahwa MI. Miftahul Ulum berada dibawah naungan yayasan Pondok Pesantren Al-Haromain Desa Majangtengah yang berdiri sejak tahun 1976. Selain MI, yayasan ini juga menaungi MTs dan SMA sehingga kegiatan ini tidak hanya diikuti MI saja melainkan dua lembaga tersebut (MTs dan SMA).”ungkap ketua yayasan dalam sambutannya”. Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat, terutama ilmunya dalam kehidupan masyarakat yaitu memperdalam aqidah islamiyah, mengingat dewasa ini banyak aliran yang jauh dari aqidah keislaman sebagai rahamatan lil ‘alamin.”begitu harapannya”. Dalam acara penyambutan ini diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Damri, Guru MI. Miftahul Ulum yang juga warga setempat.
Akhirnya acara inti pun dimulai dengan ditandai dimulainya perlombaan yang telah lama ditunggu oleh seluruh perserta. Antusiasme untuk berpartisipasi dalam lomba ini sangat signifikan sehingga para panitia pun harus bekerja keras dan optimal. Dalam perlombaan kali ini adalah masing-masing kelas, dimana setiap kelas ada tiga jenis perlombaan yaitu lomba adzan, hafalan surat-surat pendek, hafaran doa sehari-hari. Lomba tersebut hanya berlaku pada kelas 1 sampai 4. Sementara kelas 5 dan 6 mengikuti lomba hafalan lomba dikarenakan mereka sudah lebih mampu dari pada kelas yang lain. Sementara pembacaan surat al-waqi’ah sudah menjadi kegiatan rutinitas MI. Miftahul Ulum setiap hari senin setelah upacara bendera. Kegiatan ini sangat bagus, mampu memotivasi anak-anak, wali murid dan masyarakat sekitar, karena warga sekitar animo untuk memmahami pentingnya pendidikan masih sangat minim.”kata pak. Sulhan saat ditemui disela-sela perlombaan”.
Ia sangat tertarik dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Ledma al-Farabi, karena ia pernah ikut kegiatan alfarabi di kampus, sungguh sangat bermanfaat sekali.”ungkap guru bahasa inggris yang juga alumni unikama ini”. Kegiatan berlangsung cukup ketat. Hal ini diungkapkan oleh wahyudin salah satu panitia. Ia mengatakan bahwa kegiatan ledma alfarabi sangat memotivasi adik-adik. Ia berharap kegiatan ini berkelanjutan sehingga bisa dijadikan pilot project untuk kegiatan UKM lainnya.”ungkap pria asli NTB ini”
Secara terpisah Elisatul Aini (siswa kelas 6) yang juga peserta lomba mengungkapkan”kegiatan ini bisa mengajak anak-anak untuk tidak grogi dan uji mental agar menjadi anak yang unggul dan mandiri” hal senada disampaikan Dina dan Siti Muslifah (peserta lomba) “ ia sangat senang dengan adanya kegiatan ini bisa jadi semangat lagi untuk giat belajar (dengan senyum ringan).
Dari berbagai macam lomba yang diadakan dalam rangka Safari Dakwah Idul Qurban, tak kalah pentingnya, malam takbiran seluruh siswa/i diajak untuk takbir keliling sebagai bentuk rasa syukur untuk menyambut datangnya hari Raya Idul Adha, mereka (peserta takbir keliling.red) membawa obor masing-masing sebagai penerang dalam kegiatan tersebut. Pagi harinya panitia melakukan sholat idul adha dimasjid setempat dengan masyarakat sekitar, sementara yang bertindak sebagai Bilal adalah Agus Candra K, khotibnya adalah Muhammad Nur. Kedua-duanya merupakan IKAFA sekaligus wisudawan pada tanggal 26 Oktober mendatang ini. Setelah melakukan sholat ied dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban untuk didistribusikan ke warga dan pengajian umum. Pengajian umum akan dilaksanakan selasa malam Rabu tanggal 15 Oktober 2013 dengan penceramah Habib Muhammad Al-Habsyi dengan tema “Aktualisasi Nilai-nilai Idul Qurban Guna Meningkatkan Ketaqwaan Kepada Allah SWT dan Kepekaan Sosial” sekaligus pengumuman para pemenang lomba. Acara ini disiarkan langsung melalui live streaming di radio.ledmaalfarabi.org. (mr.dont_ah)

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan