Breaking

logo

Monday, August 3, 2020

Kemeriahan Idul Adha ala LEDMA Al-Farabi

Kemeriahan Idul Adha ala LEDMA Al-Farabi


LEDMA Al-Farabi - Perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H Lembaga Dakwah Mahasiswa (LEDMA) Al-Farabi Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melaksanakan kurban dengan menyembelih tiga ekor kambing pada Minggu (2/8/2020).


Pengajian Umum

Penyembelihan hewan kurban di Desa Sumberpetung Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang ini juga dibantu dari tim jagal dari masyarakat setempat. Meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19, Safari Dakwah Idul Qurban (SIDIQ) yang dilaksanakan mulai tanggal 29 Juli sampai 2 Agustus 2020 ini berjalan dengan lancar.


Serangkaian kegiatan SIDIQ yang bertema “IRAMA: Indahnya Berbagi Kepada Sesama Melalui Safari Dakwah Idul Qurban” antara lain Festival Anak Sholeh, Dongeng Anak, sholat berjamaah Qiyamul Lail, sahur, ngaji bareng, bersih diri, Al-Farabi Go To School, takbiran bersama, sholat Idul Adha sekaligus penyembelihan hewan Qurban dan di akhiri dengan  pengumuman lomba Festival Anak Sholeh serta pengajian.

Jamaah Pengajian


“Alhamdulilah acara SIDIQ kali ini berjalan dengan lancar meski ada sebagian warga yang tidak bisa hadir, namun masyarakat terus mendukung acara ini. Awalnya saya ragu, namun teman-teman terus mensupport untuk melakukan Proker (Program Kerja) tahunan ini,” ujar Sofiyullah Ketua Umum LEDMA Al-Farabi.


Sementara itu Muhammad Muhlis, M.Pd, yang mewakili Pembina LEDMA Al-Farabi menjelaskan bahwa Al-Farabi merupakan organisasi yang bergerak di bidang islam di kampus. Sama halnya dengan Remaja Masjid (Remas) yang ada di lingkungan pedesaan.


Acara SIDIQ yang merupakan bagian dari Proker Al- Farabi ini berjalan setiap tahun dengan tempat yang berbeda. Kali ini  bertempat di Dusun Banduarjo.“Atas nama Al-Farabi dan Universitas Kanjuruhan Malang, kami mengucapkan terima kasih kepada warga Dusun Banduarjo yang telah menerima adik-adik mahasiswa melakukan kegiatan disini selama beberapa hari. Diharapkan nantinya dengan kegiatan ini bisa menghasilkan ilmu yang bermanfaat yang bisa dibawa terjun langsung ke masyarakat,” ucapnya.

Penyembelihan Hewan Qurban


Disamping itu, dengan kegiatan ini diharapkan warga bisa termotivasi untuk dapat mengirimkan putra putrinya melanjutkan sekolah bahkan sampai kuliah di Unikama, dan Al-Farabi siap membantu jika dibutuhkan.


Takling

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sumberpetung, Hamim Ahmad, S.Ag. berterima kasih kepada LEDMA Al-Farabi yang telah melakukan kegiatan di desanya. Ini merupakan yang pertama kali mahasiswa melakukan kegiatan di Desa Sumberpetung sejak ia menjabat Kepala Desa.


FAS

“Unikama merupakan kampus yang hebat, karena bukan kampus islam, akan tetapi membawa nilai-nilai islam hingga 80 sampai 90 persen dan bisa berinteraksi dengan masyarakat,” ungkapnya. Terima kasih juga disampaikan kepada mahasiswa Unikama yang telah melakukan pembinaan ke sekolah, mushollah, dan masjid.


Koordinasi dengan warga


“Saya berharap kegiatan ini menambah semangat masyarakat Sumber Petung untuk sekolah, bahkan kuliah, dan lulusan Unikama nantinya bisa bekerja sesuai dengan Pendidikan masing-masing,” tutupnya.

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan