Breaking

logo

Saturday, February 24, 2018

Kemuslimahan LEDMA Al-Farabi Adakan FORSIMA Bertemakan "Muslimah Yang Terlena"

Kemuslimahan LEDMA Al-Farabi Adakan FORSIMA Bertemakan "Muslimah Yang Terlena"

LEDMA Al-Farabi - Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Tidak ada kata yang patut diucapkan selain rasa syukur Alhamdulilah, pada hari jumat Tanggal 23 Februari 2018 bidang 3 (kemuslimahan) mulai melaksanakan program kerja harian yang pertama yakni FORSIMA “Forum Diskusi Muslimah” dengan tema “Muslimah Yang Terlena”. Materi dari acara ini yakni Ibu Siti Munthomimah M.Pd yang dengan lantang mengatakan bahwa “Aktivitas Muslimah Bergantung dari Generasi Ummah”  hal ini menjadi awal penyemangat peserta untuk mengetahui bahwa ibu memiliki peran pokok yang penting dalam membentuk generasi yang unggul dalam fii dunia wal akherat. 

Acara ini dilaksanakan di AFIC (Al-Farabi Islamic Center) pada pukul 10.30 - 12.20 WIB. Tentunya ini menambah wawasan baru bagi kaum akhwat untuk melakukan diskusi islami bersama pemateri yang sudah berpengalaman. Antusias jamaah ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dan daftar hadir yang meningkat  50% dari acara Open House kemarin. Menurut salah satu peserta menyatakan bahwa acara ini sangat efektif dan merupakan sebuah sarana pembelajaran menjadi calon ibu yang baik di masa mendatang. 

FORSIMA (Forum Diskusi Muslimah)
FORSIMA (Forum Diskusi Muslimah)

Susunan acara yang pertama yakni pembukaan yang dibuka oleh MC dengan bacaan surat Al-Fatihah. Kemudian berlanjut dengan Pembacaan tilawatil Qur’an dan sari tilawah yakni membaca surat Al- Mu'minun ayat 1-8  yang artinya “sungguh beruntung orang- orang yang beriman, yaitu orang- orang yang khusyuk dalam sholatnya,orang yang menjauhkan diri perbuatan dan perkataan yang tidak berguna, dan orang yang menunaikan zakaf, dan yang memelihara kemaluannya, kecuali terhadap istri-istri mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki maka sesungguhnya mereka tidak tercela, tetapi barang siapa mencari dibalik itu (zina dan sebagainya) maka itulah orang-orang yang melampaui batas, dan sungguh betruntung orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya”. Tujuan dibawakan surat tersebut yakni untuk orang-orang yang beriman  adalah orang-orang yang membenarkan Allah Swt dan Rosul-Nya.

FORSIMA (Forum Diskusi Muslimah)
FORSIMA (Forum Diskusi Muslimah)

Acara berlanjut yakni penyampaian materi yang membahas tentang "Muslimah Yang Terlena" yaitu melahirkan generasi pembuka jalan surga. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi tanya jawab antara pemateri dan peserta.

Ada sebuah pertanyaan menarik dari salah satu peserta yang merasa baper (Bawa Perasaan) yang tiba-tiba kangen dengan Ibunya. Kemudian, Ibu Situ Munthomimah menyarankan sebaiknya untuk sering menjalin komunikasi dan membacakan surat Al-Fatihah kepada sebagai wujud kepedulian seorang anak terhadap orang tua. Kenapa? Karena doa anak yang sholeh/sholehah akan mudah tembus, seperti halnya kutipan yang disampaikan beliau yakni “tidak ada kekuatan yang lebih dahsyat kecuali kekuatan doa”. Acara terus berlanjut semakin seru sampai tidak terasa sudah berada di ujung acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama sekaligus ramah tamah.

Sebelum acara berakhir peserta disuguhkan dengan sajian snack yang sudah dipersiapkan oleh pengurus harian departemen tarbiatul marah. Secara sederhana semua membentuk lingkaran dan makan bersama hingga tiba saatnya sesi berbagi cerita antar sesama teman. Hal ini yang semakin menambah kekompakan antara jamaah dan pengurus Al-Farabi. (HnA)

Wassalamualaikum, Warahmatullahi Wabarakatuh.

Syukron

Admin, LEDMA Al-Farabi

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan