Breaking

logo

Monday, August 17, 2015

Unikama Tampil dalam MTQ Mahasiswa Nasional XIV 2015

Unikama Tampil dalam MTQ Mahasiswa Nasional XIV 2015



Sebanyak 11 Mahasiswa, 5 Putra dan 6 Putri dari Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA) menjadi Kafilah pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an Mahasiswa nasional (MTQMN) XIV yang berlangsung di Universitas Indonesia (UI) Jakarta 1-8 Agustus 2015

Mereka adalah Agus Candra Kurniawan, Muhammad Makhrus, Achmad Cholilul Rohman, Rochmat Ulum, Ahmad An'im, Maria Ulfa, Yuliana, Heltik Zahrotul Wakhida, Eka Ayu Novita Sari, Bunga Septria Vionita, Titin Uma Sofa.

Kafilah Unikama bersyukur menjadi bagian dalam barisan Syiar Al-Qur'an di MTQMN XIV 2015. Hal ini menjadikan pengalaman, sahabat, ilmu, wawasan, dan studi banding (non formal) telah banyak di dapatkan pada MTQMN XIV di kampus UI. Diantara 13 Jenis Musabaqah yang akan dilombakan tahun ini oleh perwakilan UNIKAMA mengikuti 5 cabang Musabaqah diantaranya: Musabaqah Tilawah Qur'an, Musabaqh Tartilil Qur'an, Musabaqah Hifdzil Qur'an 1 Juz, Musabaqah Hifdzil Qur'an 5 Juz, dan Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Qur'an.

Dr. Pieter Sahertian, M.Si Rektor Unikama memberikan dukungan sepenuhnya terhadap Mahasiswa dan Mahasiswinya yang mengikuti MTQMN di UI dalam kegiatan yang bertema "Membentuk Mahasiswa yang beriman, bertakwa dan Berakhlaqul Karimah Menyongsong Indonesia Emas" ini diikuti sebanyak 1.863 Mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Meskipun dalam Musabaqah tersebut belum bisa memberikan kado manis dan terindah di MTQMN XIV yakni lolos sebagai finalis, kafilah Unikama berprasangka baik dan selalu optimis, karena ini masih pertama kali kampus mengirimkan mahasiswanya dalam musabaqah ini, dengan di koordinir secara terjamah. Pun demikian M. Suharto, S.S, M.Pd, sebagai Kepala Humas Unikama ini berharap Unikama menjadi kampus multikultural yang religius.

Ada yang baru dan menarik dalam MTQMN XIV, yakni penambahan cabang musabaqah Hifdzil 10 Juz dan Desain Aplikasi Komputer Al-Qur'an. Panitia juga menambah semangat dan kebetahan selama di UI, setiap ba'da dhuhur diadakan Tabligh Akbar dengan penceramah mulai dari Ustad Arifin Ilham, Ust Husain Alattas, Ust Dery Sulaiman, Habiburrahman el Sirazy, dan Ust Yusuf Mansur. Juga, dalam malam haflah MTQMN, panitia kembali menghadirkan Qori' Nasional maupun internsional (H. Muhammad Ali, Hj. Maria Ulfa, Syekh Muhammad dari Irak)

"Semoga kampus senantiasa tak jemu-jemunya mendelegasikan mahasiswanya ikut serta dalam event-event yang diadakan oleh DIKTI maupun institusi lain, tidak harus MTQ tapi juga event lain yang bisa menambah cakrawala berfikir mahasiswa, karena disitulah bisa dijadikan tolak ukur kemampuan mahasiswa UNIKAMA dalam mengembangkan bakat dan minat yang siap mewakili nama baik dan nama harum kampus tercinta Unikama di kancah provinsi, nasional maupun internasional" Harapan mulia Agus Candra Kurniawan, selaku koordinator Kafilah.

Insya Allah Kafilah MTQ Unikama akan kembali hadir memberikan kontribusi di Regional Provinsi Jawa Timur di Universitas Trunojoyo, Madura pada tahun 2016" imbuh Agus (*)

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan