Breaking

logo

Tuesday, February 25, 2014

Perhiasan Terindah

Perhiasan Terindah

Wanita Sholehah
Perhiasan terindah
Oleh: Ustadzah Khusnul Khotimah
(Dewan Syuro) LEDMA Al-Farabi 1434-1436 H


 Sungguh indah dunia ini. Rasulullah SAW, orang nomor satu di dunia mengatakan bahwa dunia ini adalah perhiasan karena menyimpan berjuta keindahan. Siapakah yang tak senang dengan perhiasan? Hampir semua manusia terpana oleh keelokannya. Setiap tangan ingin memegang, menyimpannya dan tak mau melepaskan. Anugrah terindah bagi setiap manusia jika memiliki perhiasan, apalagi perhiasan yang mahal harganya. Namun, apakah perhiasan termahal tersebut?

Rasulullah bersabda yang artinya:
“Dunia hanyalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita shalihah.” (HR Imam Muslim, 3716)

Benar, wanita shalihah adalah perhiasan terindah di dunia ini. Ia menjadi mutiara di tengah sahabatnya, keluarga dan di dunia. Ia membawa kesejukan hati, ketentraman jiwa dan kelapangan dada. Bisakah kita menjumpai perhiasan terindah ini? Tentu saja bisa, tetapi membutuhkan kejelian mata untuk menemukannya di jaman yang mudah menggerus keimanan ini. Saat ini, banyak wanita yang belum mengetahui betapa berharganya diri mereka hingga ada sekelompok wanita yang menginginkan kesamaan dengan kaum adam. Tubuhpun kekar layaknya laki-laki. Pada sisi lain, ada para wanita yang menjadikan model-model busana luar negeri tren dalam hidupnya.

Teruntuk saudari muslimah...
Berikut contoh wanita-wanita mulia, perhiasan terindah yang bisa menjadi teladan dalam hidup kita:
1. Khadijah binti Khuwailid r.a.
Khadijah adalah wanita yang hidupnya dihiasi dengan kebajikan dan jiwanya mencerminkan ketaatan kepada Allah dan RasulNya. Beliau juga terkenal dengan perempuan cerdas dan piawai dalam bidang perdagangan, sukses dalam menjalankan roda-roda usahanya serta sanggip membiayai seluruh dakwah Rasulullah. Sekalipun demikian, ia tetap rendah hati, berakhlak mulia dan menjaga kesuciannya. Rasulullah SAW merasa sangat kehilangan saat khadijah telah meninggalkannya untuk menemui sang Pencipta. Seorang istri yang setia mendampinginya dalam suka dan duka hampirseperempat abad lamanya, seorang ibu yang dengan pemahaman yang tiggi mampu menghasilkan generasi berkualitas seperti Fatimah Az-Zahra serta seorang muslimah yang berperan aktif dalam menyebarkan risalah Islam ke tengah-tengah umat manusia.

2. Aisyah binti Abu Bakar
Dialah wanita mulia nan cantik jelita yang ilmunya lebih utama dibandingkan ilmu seluruh wanita di dunia. Aisyah juga dikenal sebagai wanita yang gemar bersedekah pada orang-orang faqir dan miskin, ahli ilmu fiqih, tafsir Al-Qur’an, ilmu kedokteran, perawi 2210 hadits, banyak mendirikan shalat sunnah terutama shalat malam, senantiasa berpuasa Ad-Dahr (sehari puasa sehari tidak, seperti puasa Daud).
Riwayat hidup Aisyah merupakan cermin bagi para muslimah, yang dari perjalanan hidup itu mereka dapat mengetahui bagaimana ia memiliki kepribadian kuat tanpa harus merendahkan diri. Mereka akan mengetahui pula bagaimana menjaga kebagusan lahiriyah, tetapi penuh ketundukan dan kesederhanaan. Aisyah telah memberikan teladan yang sangat banyak. Ia menjadi rujukan dalam menyelesaikan berbagai keputusan dan masalah agama. Ketajaman pemikiran, keluhuran akhlak dan kelemah lembutan sikapnya terhadap Raasulullah telah menjadikan dirinya sangat terpercaya. Beliau juga tidak pernah berdiam diri ketika ada sahabat yang salah memahami Al-Qur’an dan As-Sunnah apalagi melanggar perintah Allah.

3. Ummu Sulaim binti Milhan r.a.
Shahabiyah mulia ini adalah salah seorang perempuan dari kalangan Anshar. Beliau termasuk shabiyah yang utama. Beliau senantiasa menghimpun ilmu, pemahaman, keberanian,kemurahan hati, kebersihan dan keikhlasan bagi Allah dan RasullNya. Beliau juga seorang ibu dari seorang ssahabat yang mulia, Anas bin Malik.

Inilah contoh dari beberapa wanita-wanita mulia yang belum bisa penulis cantumkan semuanya seperti Fatimah Az-Zahra, Asma’ binti Abu Bakar, Asiyah dan yang lainnya. Mereka telah menjadi perhiasan terindah di dunia dan di akhirat. Bagaimana dengan kita yang tidak hidup di jaman Rasulullah?
Menjadi wanita shalihah, perhiasan terindah yang dengannya bidadari syurga cemburu adalah sebuah pilihan bagi kita. Penuh pengorbanan dan keteguhan hati yang kokoh,senantiasa bergegas melaksanakan kebaikan dan menjadikan lidah senantiasa basah dengan dzikir kepada Allah. Memiliki hujjah yang kuat karena menyatunya hati dengan Al-Qur’an dan Al-Qur’an telah menuntunnya dalam setiap langkah kaki.
Wallaahu a’lam bi ash-shawab

Referensi:
Al-Qur’anul Karim
Najmah Sa’idah dan Husnul Khatimah.2003.Revisi Politik Perempuan (Bercermin pada Shahabiyah). Bogor: IdeA Pustaka Utama.
Sa’id,Syabah.2011. Rahasia Cantik Istri Shalihah. Solo. Al-Hamra.

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan