Breaking

logo

Saturday, August 25, 2018

LEDMA Al-Farabi Meriahkan Idul Adha dengan Safari Dakwah Idul Qurban (SIDIQ) 1439 H

LEDMA Al-Farabi Meriahkan Idul Adha dengan Safari Dakwah Idul Qurban (SIDIQ) 1439 H

LEDMA ALFARABI – Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Alhamdulillahirabbil Alamiin tiada kata yang patut kita ucapkan selain bersyukur kepada ALLAH SWT atas segala nikmat iman, islam,kesehatan dan indahnya hidup ini. telah terlaksana progam kerja Ledma Al-Farabi Univ. Kanjuruhan Malang yakni SIDIQ. Safari Dakwah Idul Qurban (SIDIQ) adalah kegiatan yang dilaksanakan di desa yang khusus ditujukan untuk menyemarakkan dan juga memeriahkan Idul Adha. Acara yang dilaksanakan tepat pada hari Ahad s/d jum.at 19 – 24 Agustus 2018.


Pelaksanaan SIDIQ tahun ini bertempat di Pedukuhan Meli’an Desa Gedog Kulon Kec. Turen Kab. Malang. Dengan mengusung tema tahun ini yaitu “Meraih Kemuliaan Dzulhijjah dengan Keberkahan Safari Dakwah Idul Qurban". Ada sedikit perbedaan SIDIQ tahun ini dengan tahun kemaren yakni SIDIQ  tahun ini dilaksanakan selama 6 hari. Kegiatan pertaman yakni pemberangkatan dari kampus menuju lokasi oleh ketua pelaksana dan ketua umum dilaksanakan pada hari Ahad 19 Agustus 2018. Sekitar pukul 15.30 sampai pada posko SIDIQ yakni di rumah Bpk. Radi untuk posko ikhwan dan Ibu. Qosiah untuk posko akhwat. Kemudian seluruh panitia beristirahat sejenak.

Acara selanjutnya yakni ba’dha isya dengan agenda Forum Silaturrahmi yakni sosilasi kegiatan dan musyawarah bersama seluruh warga masyarakat Desa Gedog Kulon. Suasana serius namun tetap santai ada canda tawa membuat keakraban pada saat musyawarah sebab respon yang sangat positif dari warga terhadap kegiatan kami.

Kemudian esok harinya yakni pada hari Senin, 20 agustus 2018 kegiatan kami ialah AF GO TO SCHOOL bersama SDN 02 Gedog Kulon dan SDN 01 Gedog kulon, dengan agenda pemebrian materi yang bertemakan “Pengaruh GADGET  dan Penanaman Nilai Sopan Santun”. Yang dimaan respin para sangat mendukung kegiatan kami ini dan juga antusiasme siswa yang sangat semangat mendengarkan materi, sebab ada banyak bingkisan juga yang disiapkan panitia bagi siswa yang aktif dan mau bertanya.

AF GO TO SCHOOL


AF GO TO SCHOOL


AF GO TO SCHOOL

Acara selanjutnya yakni ba’dha dhuhur sekitar jam 13,00 dengan agenda Festival Anak Sholeh. Di ikuti oleh TPQ/TPA Se-Gedoq Kulon yang dimana memperlombakan 4 kategori lomba yakni: Adzan, Tartil Al Qur.an, Mewarnai Kaligrafi dan Pildacil. Lonba ini dibagi dalam 2 hari pelaksanaanya yaitu Tartil Al Qur.an dan Mewarnai Kaligrafi di hari pertmana.

Festival Anak Sholeh

Festival Anak Sholeh

Kemudian acara selanjtnya yakni ba’dah isya ada NOBAR atau Nonton Bareng Warga. Film Islami yang inspiratif yang disiapkan panitia untuk nobar bersama warga. Tepat ba’dha isay kerumunan warga mulai merapat untuk menonton film. Tua, muda, kecil hingga dewasa semua menjadi satu yakni duduk lesehan dengan beralaskan terpal dengan fokus menonton film.

Nonton Bareng Warga
Festival Anak Sholeh

Festival Anak Sholeh

Kemudian esok harinya yakni pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 kegiatan kami ialah melanjutkan Festival Anak holeh tahap kedua dengan kategori lomba Adzan dan Pildacil sekaligus penutupan lomba yang dimana pegumuman pememnang nantikan akan diumumkan pada tgl 23 Agustus dalam acara puncak yakni pengajian umum.

Acara selanjtnya yakni ba’dha isya sekitar jam 19.30 dengan agenda TAKBIR Keliling bersama seluruh warga Desa Gedog Kulon. Sungguh luar biasa antusiasme warga masyarakat ada yang membawa obor, lilin ada juga yang membawa banner sendiri. sebab nantinya ada hadiah yang diberikan panitia kepada yang warga ataupun santri yang ikut takbir keliling dengan syarat yaitu keunikan dan ke kreatifitasan busana dan perlengkapan yang dibawa.

Hari selanjtnya yakni Rabu, 22 Agustus, Sholad Eid bersama warga, penyembelihan hewan qurban kemudian pendistribusian terhadap warga sekitar. Setekah itu ba’dha isya yakni kami mengadakan khotmi Qur.an bersama warga bertempat di Masjid Syafinatul Mukminin.

Esok  harinya yakni Kamis, 23 Agustus 2018 pagi hari kami melakukan kegiatan kerja bakti bersih bersih area sekitar masjid yangdimana nantinya akan ada acara puncak yaitu pengajian umum bersama KH. Imam Muslim ( Dewan Pengasuh PP Annur 3). Pada sore hari yakni panitia mendekorasi panggung agar terlihat indah, juga menata kursi untuk para jamaah tidak ketinggalan panitia akhwat mentiapkan hidangan untuk prasmanan tamu dan juga jamaah pengajian.

Tibalah acara puncak yang dimana diawali dengan penampilan al banjari dari warga kemudian pengumuman pemenang lomba Festival Anak Sholeh (FAS). Setelah itu ada sambutan dari Kepala Desa, Pembina Ledma Al-Farabi dan juga Ketua RW. Dan dilanjt oleh KH. Imam Muslim selaku mauidoh khasanah.

Esok harinya yakni Jum.at 24 Agustus merupakan hari terakhir di Dukuh Meli’an. Setelah bersih diri seluruh panitia dan jamaah berpamitan kepada warga sekitar. Seluruh panitia tak kuasa membendung airmata ketika salah satu warga menangis saat kami akan berpamitan “sunguh bagai melepas anak kandungnya untuk pergi seperti itulah yang kami rasakansaat itu” tak lupa acara paling terakhir yakni sesi poto-poto alias bersama untuk mengabadikan moment dan juga arsip dokumentasi bersama tuan tumah (Bpk Radi).

Sungguh banyak pelajaran yang sangat berharga lewat kegiatan ini. terlebih saat semua panitia merasa khawatir dan cemas deg-degan takut acara tidak sesuai dengan harapan. Seperti saat acara puncak yang dimana ketua umum mengajak koordinasi mendadak seluruhpanitia satu jam sebelum acara. Itu merupakan bukti bahwa kesungguhan teman-teman panitia untuk mensukseskan kegiatan ini. boleh jadi hal seperti inilah yang nantinya akan dikenang oleh seluruh panitia. Teruntuk seluruh panitia apapun yang terjadi berbahagialah tetap semangat dan jangan lupa tersenyum. Allah bles us. Ujar ketua pelaksana (ifm).    

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan