Breaking

logo

Sunday, March 18, 2018

Muslimah LEDMA Al-Farabi Adakan Diskusi Dalam Lingkar Nisa’

Muslimah LEDMA Al-Farabi Adakan Diskusi Dalam Lingkar Nisa’

LEDMA (Lembaga Dakwah Mahasiswa) Al-Farabi - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji bagi Allah SWT, karena berkat rahmat serta hidayahNya, kita masih bisa berkumpul dan dipertumukan dalam lingkaran ukhwuah islamiah yang Insya Allah bermanfaat antil jannah. Departemen kemuslimahan Tarbiyatul Mar’ah adakan sebuah acara diskusi muslimah (Fiqih NIsa’) pada hari juma’t pukul 10.30 WIB, bertempatan di AFIC (Al-Farabi Islamic Center) LT.1.

Muslimah LEDMA Al-Farabi Adakan Diskusi Dalam Lingkar Nisa’
Fiqih Nisa'

Kegiatan ini bertujuan untuk sharing antar sesama muslimah tentang sejauh mana pengetahuannya tentang materi yang diangkat yakni tentang "haid dan istihadoh". Selain itu sebagai tambahan ilmu pengetahuan seorang muslimah, mengingat sekarang ini masih ada beberapa yang belum paham betul fiqihnya seorang muslimah. Tindakan lanjutan yakni mempertanyakan kepada pemateri yang sudah ahli dalam bidangnya terkait pengetahuan yang sudah di ungkapkan ukhtifillah pada kegiatan Fiqih Nisa’ berikutnya karena kebetulan ustadzah yang mengisi acara sedang berhalangan hadir. Begitulah cara mengisi kajian yang dilakukan oleh muslimah Al-Farabi untuk tetap berlajut acara meskipun ada halangan. Rasanya itu bukan permasalahan yang menghalangi niat berdakwah jama’ah sekalian.

Pembahasan dalam diskusi seru ini meliputi tata cara mandi wajib yang tepat, cara membedakan haid dan istihadoh, apa saja larangan pada saat masa haid, sampai pada perhitungan masa haid. Acara berlanjut dengan pembagian lembar kertas kepada jama’ah untuk menuliskan apa yang belum di ketahui atau di bingungkan terkait tema haid dan istihadoh. Kemudian lembaran pertanyaan ukhtifillah dimasukkan dalam wadah dan di putar secara bergantian untuk dibaca pertanyaannya kemudian di bahas bersama dalam diskusi. Cara ini untuk mengurangi rasa sungkan jama’ah untuk bertanya namun tetap bisa di bahas dalam diskusi. 

Seperti biasa, kegiatan ini diakhiri dengan acara makan snack bersama yang sudah disediakan oleh anggota kemuslimahan. Diujung acara, pengurus LEDMA Al-Farabi berharap semoga dengan adanya kegiatan kemuslimahan Fiqih Nisa’ ini sebagai awal bekal kita mencari Ridho Allah SWT dan juga tetap semangat dalam menjalankan serta menanamkan bekal akhirat dalam sesuai dengan fitrah seorang permpuan. Serta tidak lupa, semoga kedepannya bukan hanya muslimah Al-Farabi yang ikut serta dalam kegiatan kemuslimahan, namun juga para muslimah Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA), untuk saling merangkut, mengarahkan agar terus istiqomah dan senantiasa menggunakan waktunya untuk mencari ilmu dunia dan akhirat.

“Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan hal yang bermanfaat, selagi nafas belum sampai ditenggorokan”

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.(HE)


Syukron


Admin, LEDMA Al-Farabi

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan