Breaking

logo

Thursday, March 15, 2018

Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) yang diadakan Ikhwan Al-Farabi

Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) yang diadakan Ikhwan Al-Farabi

LEDMA (Lembaga Dakwah Mahasiswa) Al-Farabi - Alhamdulillah Puji syukur kehadirat Allah SWT, Telah dilaksanakan kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa) pada rabu malam sampai kamis malam. Kegiatan ini dilaksanakan di AFIC (Al-Farabi Islamic Center) Universitas Kanjuruhan Malang. Adapun kegiatannya yaitu makan sahur bersama, buka bersama, dan melakukan kegiatan agama, serta diskusi kecil sebagai sharing-sharing tentang keadaan pribadi, keorganisasian, dan lingungan kampus. Sementara itu, dalam diskusi-diskusi kecil itu, dsisipi nilai-nilai agama, sebagai penguatan bagi setiap anggota Al-Farabi.

Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT)

          Pada kegiatan ini, semua anggota yang ikut diajak untuk mebenahi diri dan mengenal lebih jauh tentang agama islam. Menyamakan satu pemahaman dengan pemahaman lain yang dimiliki oleh masing-masing dari anggota. Mengejak setiap anggota untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Semua hal itu dikemas dalam rangkaian kegitan dari rabu malam sampai kamis malam. 

  Ragkaian kegiatan diawali dengan makan sahur bersama, lalu di susul dengan puasa ketika adzan subuh telah berkumandang. Sebelumnya para anggota memang sudah sepakat untuk menginap dan melaksanakan puasa sunah. Siangnya, seperti biasa, para anggota melakukan kegiatan rutinitasnya sebagai mahasiswa. Sebagian yang tidak ada kegiatan akademik, melakukan ibadah puasa dengan berdiam diri di sekitar masjid kampus atau melakukan kegiatan lain yang bermanfaat.

  Setelah sholat ashar, semua anggota yang ikut dalam acara Mabit, melkuakn istigosah bersama di Masjid Al Farabi lantai 2. Istigosah dilakukan utuk mengisi waktu luang sebelum adzan magrib berkumandang. Selain itu istigosah bertujuan untuk mendoakan segenap keluarga besar Universitas Kanjuruhan Malang dan sebagai benteng untuk diri sendiri. Kami bergarap dengan dilaksanakanya istigosah ini, dapat menyingkirkan segala marabahaya bagi segenap keluarga besar Universitas Kanjuruhan Malang.

ISTIGHOSAH

Setelah kegiatan istigosah selesai, dan sembari menunggu adzan magrib, semua ikhwan saling membantu untuk menyiapkan makanan buka puasa. Ada yang menanak nasi, dan ada pula yang membeli lauk untuk santap buka puasa. Semua salang membatu seperti layaknya sadura yang dibesarkan bersama. Setelah hidangan untuk berbuka sudah siap, dan kumandang adzan magrib tanda berbuka sudah berkumandang, satu persatu mulai membatalkan puasanya. Dengan seteguk air, sebagai tanda batanya puasa kami, lalu dilanjutkan dengan sholat magrib berjamaah di masjid Al-Farabi.

             Sesudah memenuhi kewajiban sholat magrib, dan beberapa amalan yang lain, semua anggota turun dan menikmati hidangan yang telah tersajikan. Kami makan santapan itu bersama-sama, doa-doa terucap sebelum dan saat makan bersama berlangsung. Sangat nikmat bagi kami merasakan makanan yang kami sajikan sendiri dan menyantapnya bersama dalam satu wadah. Meskipun hanya dengan lauk sederhana dan dengan nasi seadanya, tapi kenikmatan makanan itu teretak pada kebersamaan kami dalam menyatapanya.

SHOMAT

SHOMAT

  Kegiata ini diakhiri dengan agenda SHOMAT (Sholawat Malam Jumat), sebagai agenda rutin malam jumat deperteman Syiar LEDMA Al-Farabi. Kegiatan SHOMAT dilaksanakan setelah Sholat isyak. Sebelum kegiata SHOMAT terlebih dahulu membaca rotibulkhadat sebagai pembuka, sekaligus dzikir bersama. Dengan berakhirya kegiatan SHOMAT tersebut, berakhir juga kegiatan Mabit yang telah dilaksanakan. Sedangkan tujuan dari Mabit itu sendiri hanya untuk mendekatkan para anggota LEDMA Al-Farabi. Sembari menyisipkan bebrap nilai-nilai agama islam pada setiap anggota.

Hidangan SHOMAT

  Besar harapan melalui kegiatan ini, semua anggota LEDMA Al Farabi dapat mengambil pelajaran dan aktif dalam setiap kegiatan. Melaui kegiatan ini dapat terjalin kedekatan dari setiap anggota agar merasa memiliki satu sama lain. Dan dengan kegiatan ini diharapkan setiap anggota dari LEDMA Al-Farabi bisa aktif dalam setiap kegiatan. Semoga melalui kegiatan ini pula bisa terjalin persaudaraan kuat diantara seluruh anggota LEDMA Al-Farabi. (WB)


Syukron


Admin, LEDMA Al-Farabi

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan