Breaking

logo

Tuesday, March 27, 2018

LEDMA Al-Farabi Gembleng Jamaah Bisa Berbahasa Arab

LEDMA Al-Farabi Gembleng Jamaah Bisa Berbahasa Arab

LEDMA Al-Farabi - Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala puji bagai Allah atas terlaksananya kegiatan belajar bahasa arab yang diadakan oleh departemen kaderisasi di bawah naungan ketua 1 LEDMA Al-Farabi Universitas Kanjuruhan Malang. Program ini dilaksanakan setiap hari senin malam selasa setelah sholat isya yang bertempat di AFIC (Al-Farabi Islamic Center). Kegiatan tersebut di ikuti ikhwan maupun akhwat jamaah dari LEDMA Al-Farabi. Kegiatan ini bertujuan untuk membelajarkan bahasa arab kepada jamaah Al-Farabi sebgai langkah awal dalam menafsirkan Al-Quran.

LEDMA Al-Farabi Gembleng Jamaah Bisa Berbahasa Arab
Belajar Bahasa Arab

Kegiatan ini didasari oleh sabda Rosulullah “Pelajarilah bahasa Arab karena 3 hal : 1] Karena Aku (Nabi SAW) orang Arab, 2] Al-Quran berbahasa Arab, dan 3] Percakapan ahli surga adalah bahasa Arab.”

Sesuai sabda Rosulullah di atas, mempelajari bahasa arab hukumnya wajib bagi kaum muslimin. Karena baginda Rosul adalah orang arab, maka dengan bahasa arab, kita dapat menegenal baginda Rosulullah. Bahasa yang di gunakan Al-Quran adalah bahasa arab. Maka dari itu seorang muslim harus mempelajari bahasa arab untuk memahami maksud yang terkandung dalam Al-Quran.

Kegiatan ini berlangsung mulai dari jam 07.30 - 08.30 WIB, untuk mepelajari dasar-dasar kaidah bahasa arab. Karena terhitung baru, kegiatan pembelajaran masih seputar pengenalan dalam kaidah bahasa arab. Kegiatan pembelajarn berupa pengenalan dasar kata, dan penerapan dalam kalimat bahasa arab. Pokok bahasan dalam pembelajaran berupa pengenalan diri dengan menggunakan bahasa arab. Pembahasan belum masuk kedalam penafsiran makna dan pembagian kata dalam bahasa arab. Jadi bisa di simpulkan bahwa kegiantan pembelajarn ini masih berupa pembelajaran dasar dari bahasa arab.

Antusiasme dari jamaah pun begitu luar biasa. Terbukti dalam kegiatan ini banyak yang mengikuti dari ikhwan maupun akhwat Al-Farabi. Dalam praktiknya pun, bebrapa jamaah bisa menerapkan dengan memperkenalkan diri dalam bahasa arab, meskipun masih dibantu oleh pengajar. Intinya pembelajran bahasa arab bisa diterima dengan baik oleh semua jamaah, baik ikwan maupun akhwat Al-Farabi.

Hal terakhir yang ingin disampaikan, harapan dari pengurus sebagai penyelenggara kegiatan ini, semoga jamaah LEDMA Al-Farabi mampu menguasai bahasa arab sebagai modal mempelajari Al-Quran dan Hadis. Semoga seluruh jamaah LEDMA Al-Farabi yang ikut tetap istiqomah dalam mempeajari bahasa arab. Dan semoga jamaah yang telah ikut kegiatan ini dapat mengajak teman-teman yang lain untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, agar jamaah yang ikut semakin banyak. Serta harapan yang terakhir, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini kita dapat mengenal Islam lebih jauh, amin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Syukron


Admin, LEDMA Al-Farabi

LEDMA Al-Farabi: Bersama Meraih Kemuliaan